Rahmah Based Parenting: sebuah pengantar Tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anak-anaknya. Tetapi tidak sedikit anak bermasalah karena merasa orang tuanya tidak menyayanginya. Seorang yang dibesarkan dengan kasih sayang yang minim terancam oleh berbagai macam penyakit, baik penyakit psikis maupun fisik. Sebaliknya, orang-orang sukses dan bahagia seluruhnya mendapatkan asupan kasih sayang yang cukup di masa pertumbuhan dan perjuangan hidupnya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus memastikan bisa  memenuhi kasih sayang yang cukup untuk anak-anak mereka, sebagaimana mereka memastikan untuk memenuhi kebutuhan fisiknya. Inilah rahasianya Allah mengajarkan  kita agar mendoakan kasih sayang untuk org tua kita.  Karena hanya kasih sayang Allah lah yang pantas untuk membayar semua kasih sayang orang tua selama mereka mendidik anak-anak nya. وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24) Nah, karena kasih sayang ini sifanya sangat relatif dan subjektif, maka mendidik dengan kasih sayang adalah seni yang tidak bisa dibakukan. Untuk itu setiap orang tua harus terus menerus belajar dan berlatih. Jika kita banyak menemukan anak yang bermasalah dan merasa tidak disayangi oleh orang tuanya, sesungguhnya bukan karena org tua tidak menyayanginya, tetapi karena org tua yan kurang menguasai seni menyangi.

Semoga Allah memberi kita Taufiq dan hidayah-Nya agar kasih sayang kita kepada anak-anak kita semakin menancap didalam qolbu anak-anak yang kita cintai.

Ustadz. Zamzam Muharram Syah, Lc. MSI      "/>

RAHMAH BASED PARENTING

Rahmah Based Parenting: sebuah pengantar

Tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anak-anaknya. Tetapi tidak sedikit anak bermasalah karena merasa orang tuanya tidak menyayanginya.

Seorang yang dibesarkan dengan kasih sayang yang minim terancam oleh berbagai macam penyakit, baik penyakit psikis maupun fisik. Sebaliknya, orang-orang sukses dan bahagia seluruhnya mendapatkan asupan kasih sayang yang cukup di masa pertumbuhan dan perjuangan hidupnya.

Oleh karena itu, setiap orang tua harus memastikan bisa  memenuhi kasih sayang yang cukup untuk anak-anak mereka, sebagaimana mereka memastikan untuk memenuhi kebutuhan fisiknya.

Inilah rahasianya Allah mengajarkan  kita agar mendoakan kasih sayang untuk org tua kita.  Karena hanya kasih sayang Allah lah yang pantas untuk membayar semua kasih sayang orang tua selama mereka mendidik anak-anak nya.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24)

Nah, karena kasih sayang ini sifanya sangat relatif dan subjektif, maka mendidik dengan kasih sayang adalah seni yang tidak bisa dibakukan. Untuk itu setiap orang tua harus terus menerus belajar dan berlatih.

Jika kita banyak menemukan anak yang bermasalah dan merasa tidak disayangi oleh orang tuanya, sesungguhnya bukan karena org tua tidak menyayanginya, tetapi karena org tua yan kurang menguasai seni menyangi.

Semoga Allah memberi kita Taufiq dan hidayah-Nya agar kasih sayang kita kepada anak-anak kita semakin menancap didalam qolbu anak-anak yang kita cintai.

Ustadz. Zamzam Muharram Syah, Lc. MSI